BLOG
INDUK : diklik
SILABUS B. MADURA SD KELAS 4, 5. & 6 SEMESTER 2
KELAS 4 SEMESTER 2
(M. Rasyad, guru SDN
Cenlecen 2, Pakong, Pamekasan, Madura)
Mata Pelajaran : Bhs. Madura
Kelas/Semester : 4 (empat)/2 (dua)
Tahun Pelajaran : 2011-2012
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
POKOK / PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
PENILAIAN
|
|
JENIS
TAGIHAN
|
BENTUK
TES
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
1
|
BAB 4:
TRANSPORTASI
|
|||||||
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang: transportasi dan pendidikan.
4.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat
dalam bacaan.
|
Teks bacaan
|
Isinya belum di sesuaikan
• Membedakan vokal / konsonan
alos, tajhem, dhammang, atau alos berra’.
• Menemukan kata-kata sulit
dalam.
• Mengartikan kata-kata sulit
• Menyebutkan nama tokoh dan
latar.
|
• Membedakan berbagai bunyi
bahasa yang terdapat dalam bacaan atau cerita guru.
• Melafalkan bunyi bahasa
• Menyebutkan tempat-tempat yang
berkaitan dengan transportasi.
|
...... x 1 jp
|
Isinya belum disesuaikan
• Gambar-gambar yang berhubungan
dengan cerita rakyat.
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan dan menjelaskan
kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan
atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab/membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata
sulit, mampu melagukan tembhang macapat.
4.2 Melakukan percakapan sesuai teks dan
menceritakan kembali cerita guru atau yang ada dalam buku bacaan.
|
Teks ondhagga bhasa Madura
|
• Berdialog kepada yang lebih tua
dengan menggunakan kaidah bahasa madura.
• Mengubah kata enja’ iya ke kata
engghi enten.
• Mengubah kalimat enja’ iya ke
kalimat engghi bhunten.
|
• Menceritakan isi bacaan.
• Menjelaskan arti kata-kata
sulit
• Menjawab pertanyaan
|
...... x 1 jp
|
• Cerita bergambar
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks
bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca, baik prosa, puisi
dan tembhang macapat dan carakan madhura.
4.3 Membaca lancar teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik
membaca.
|
Teks puisi
|
• Membaca puisi
dengan intonasi yang benar.
• Membedakan
kata-kata yang mengandung vokal / konsonan alos / tajhem.
• Menentukan pangalemma
angghutana badhan.
|
• Membaca teks bacaan sesuai
teknik-teknik membaca.
• Menjelaskan arti kata-kata
sulit.
• Membaca kalimat dalam carakan
madhura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
4. MENULIS
Menulis
bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
4.4 Membuat karangan sesuai gambar yang ada.
|
Teks bacaan
|
• Menuliskan kalimat dalam bahasa
madura yang didektekan guru.
• Menulis pangangghuy sowara ( petpet ) dalam carakan madura.
• Menulis dengan menggunakan
pangangghuy panyeghek ( bisat, lajar, cekcek ) dalam carakan
madhura.
|
• Membuat karangan sesuai gambar.
• Menulis carakan madhura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Huruf carakan madura
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
4.5 Mengapresiasi tembhang macapat
|
Pantun
|
• Menyebutkan ciri-ciri pantun
Madura madura.
• Membedakan sampiran dan isi
pantun.
• Membuat / mengumpulkan pantun
Madura.
|
• Melagukan tembhang macapat
madura
• Menjabarkan isi tembhang
macapat
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2.
|
BAB 5:
PENDIDIKAN
|
|||||||
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang: transportasi dan pendidikan.
5.1 Mendengarkan tembhang macapat
|
Teks bacaan
|
• Menceritakan kembali isi cerita
dari suatu bacaan.
• Menemukan kata-kata sulit.
• Mengartikan kata-kata sulit.
• Menyebutkan nama tokoh dan
latar.
|
• Melafalkan bunyi bahasa.
• Menjawab pertanyaan.
• Menyebutkan tempat-tempat yang
berkaitan dengan pendidikan.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Gambar-gambar tentang tokoh
daerah.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan
dan menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru diceriterakan temannya,
dibaca, dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan,
menjawab/membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu
melagukan tembhang macapat.
5.2 Melakukan percakapan sesuai teks gambar dan
menceriterakan kembali cerita guru atau yang ada dalam buku bacaan.
|
Teks dialog
|
• Menjelaskan isi gambar.
• Berdialog dengan orang yang
lebih tua dengan menggunakan ondhagga bhasa madhura.
|
• Melakukan percakapan sesuai
gambar.
• Mengartikan kata-kata sulit
dalam percakapan.
• Menceriterakan kembali
percakapan.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Cerita bergambar.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks
bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca , baik prosa, puisi
dan tembhang macapat dan carakan madhura.
5.3 Membaca lancar teks bacaan
dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca.
|
Teks bacaan judul “Muhammad Noer”
|
• Membaca lancar teks bacaan.
• Mengungkapkan kembali isi
bacaan.
• Menjawab pertanyaan
• Memahami arti kata-kata sulit.
|
• Membaca puisi madura.
• Melafalkan kata-kata
alos/tajhem.
• Membaca kalimat dalam
carakan madura
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
4. MENULIS
Menulis
bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madura.
5.4 Menyalin/mengarang puisi menjadi ghancaran (karangan bebas)
|
• Surat
• Aksara pangangghuy
|
• Menuliskan kalimat dalam bahasa
madura yang didektekan guru.
• Menulis surat dengan kalimat
yang baik.
• Menulis pangangghuy pangkon,
pedher, perper, soko malja dalam carakan Madura.
|
• Menyalin puisi menjadi
karangan bebas (ghancaran)
• Menulis carakan madura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Huruf carakan madura
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
5.5 Mengapresiasi tembhang
macapat.
|
Teks syiir Madura
|
• Melagulan syiir madura.
• Membuat secara sederhana
syiir madura.
• Membuat / mengumpulkan syiir
madura.
|
• Memahami isi tembhang macapat.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 4)
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
Pamekasan, 11 Juni
2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 4 (empat)
M. RASYAD M.
RASYAD
Nip.19580423 197803 1
003 Nip.19580423 197803 1 003
SILABUS B. MADURA SD
KELAS 5 SEMESTER 2
Mata Pelajaran :
Bhs. Madura
Kelas/Semester : 5 (lima)/2 (dua)
Tahun Pelajaran : 2011/2012
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
POKOK / PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
PENILAIAN
|
|
JENIS TAGIHAN
|
BENTUK
TES
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
1.
|
TEMA 4:
PERDAGANGAN
|
|||||||
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui
mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang perdagangan
dan teknologi sederhana.
4,1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat
dalam bacaan dan cerita guru tentang perdagangan.
|
Teks bacaan
|
• Membedakan vokal/konsonan alos,
tajhem, dhammang, atau alos berra’.
• Menemukan kata-kata sulit
• Mengartikan kata-kata sulit.
• Menyebutkan kegiatan yang
berkaitan dengan kependudukan.
|
• Membedakan dan melafalkan vokal
/ konsonan alos, tajhem, dhammang, alos berra’ dalam bacaan.
• Mengartikan kata-kata sulit
dalam bacaan.
• Menyebutkan macam-macam tempat
perdagangan.
|
..... x 1 jp
|
• Gambar-gambar yang berhubungan
dengan kependudukan.
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2. BERBICARA
Mengungkapkan
apa yang didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan
kembali cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab/memberi pertanyaan,
melagukan suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.
4.2 Melakukan percakapan.
|
Teks bacaan
|
• Menceritakan isi bacaan /
cerita guru.
• Menjawab pertanyaan tentang kependudukan
• Mengartikan kata-kata sulit
dalam bacaan
• Bercerita melalui gambar
|
• Melakukan percakapan dari teks.
• Menceriterakan kembali
percakapan
• Membuat kalimat dengan
menggunakan oca’ bhangsalan.
|
..... x 1 jp
|
• Cerita bergambar
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3. MEMBACA
Membaca dan
memahami teks bacaan.
4.3 Membaca lancar teks dan memahami bacaan.
|
• Teks bacaan
• Teks carakan madhura
|
• Membaca teks bacaan dengan baik
dan benar.
• Membedakan kata - kata yang
mengandung vokal/konsonan alos atau tajhem
• Menjawab pertanyaan.
• Membaca lancar carakan madura.
|
• Membaca lancar teks bacaan.
• Menjawab pertanyaan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
4. MENULIS
Menulis
kalimat-kalimat dalam bentuk prosa sederhana/karangan sendiri.
4.4 Mengarang cerita dengan memilih judul yang tersedia.
|
Karangan bebas.
|
• Menulis karangan melalui gambar
cerita secara runtut sesuai dengan kaidah bahasa madura.
• Menyalin latin ke carakan
madura atau sebaliknya yang menggunakan bhangon ”pa” cerrek ban ”nga” lelet.
|
• Mengembangkan sebuah karangan
dengan judul yang tersedia.
• Menyalin tulisan carakan madhura yang menggunakan aksara
rajana ghajang Ka, Ta, Nya.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Huruf carakan madura.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
4.5 Mengapresiasi/
mengartikan oca’ bhangsalan.
|
• Pantun
• Syiir madura
|
• Menyebutkan ciri-ciri syiir /
pantun madura.
• Membaca dengan baik
syiir/pantun madura.
• Membedakan sampiran dan isi
pantun.
• Membuat / mengumpulkan
syiir/pantun madura.
|
• Menentukan oca’ bhangsalan
dalam kalimat.
• Menggunakan oca’ bhangsalan
dalam kehidupan sehari-hari.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2.
|
TEMA 5: TEKNOLOGI
SEDERHANA
|
|||||||
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui
mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang
perdagangan dan teknologi sederhana.
5.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat
dalam bacaan dan cerita guru tentang ”Bhatek Madura”.
|
Teks bacaan
|
• Membedakan vokal/konsonan alos,
tajhem, dhammang, atau alos berra’.
• Menemukan kata-kata sulit.
• Mengartikan kata-kata sulit.
• Menyebutkan nama beberapa
pahlawan Madura
|
• Membedakan dan melafalkan
vokal/konsonan alos, tajhem, dhammang, alos berra’ dalam bacaan.
• Menyebutkan macam-macam dan
tempat-tempat ”Bhatek Madura”.
• Menyebutkan peralatan batik
tulis.
• Mencari dan mengartikan
kata-kata sulit yang terdapat dalam bacaan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Gambar-gambar yang berhubungan
dengan kepahlawanan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2. BERBICARA
Mengungkapkan
apa yang didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan
kembali cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab/memberi pertanyaan,
melagukan suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.
5.2 Melakukan
percakapan.
|
Teks lagu
|
• Menceritakan isi bacaan/cerita
guru.
• Menjawab pertanyaan tentang
kepahla wanan
• Mengartikan kata-kata dalam
bacaan
• Menjelaskan hal-hal yang
berkaitan dengan kepahlawanan.
|
• Melakukan percakapan dari teks.
• Menceriterakan kembali
percakapan.
• Membuat kalimat dengan
menggunakan oca’ bhangsalan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3. MEMBACA
Membaca dan
memahami teks bacaan.
5.3 Membaca lancar teks dan memahami teks bacaan.
|
• Teks bacaan
• Teks carakan madhura.
|
• Membaca lancar teks bacaan
dengan baik dan benar.
• Membedakan kata-kata yang
mengandung vokal/konsonan alos atau tajhem.
• Menjawab pertanyaan dengan
menggu nakan ondhagga bhasa.
• Membaca carakan madura.
|
• Membaca lancar teks bacaan.
• Menjawab pertanyaan dengan
menggunakan ondhagga bhasa madura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
4. MENULIS
Menulis
kalimat-kalimat dalam bentuk prosa sederhana/karangan sendiri.
5.4 Menulis oca’ oba’an pada kalimat.
|
Oca’ lako
|
• Membuat kalimat dengan
menggunakan oca’ lako.
• Memahami oca’ lako dalam bahasa
madura
• Menyalin latin ke carakan
madura atau sebaliknya.
|
• Menulis oca’ oba’an pada
kalimat.
• Menyalin tulisan carakan madura
yang menggunakan aksara rajana ghajang Ga=Gha, Ba=Bha.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
5.5
Mengapresiasi/
melagukan
tembhang macapat.
|
Puisi madura
|
• Mengekspresi kan sastra
madura modern.
• Membaca dengan baik puisi
madura modern dengan intonasi dan mimik yang baik.
|
• Memahami isi syair tembhang
macapat
• Melagukan tembhang macapat
(pucung).
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
Pamekasan, 11 Juni 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 5 (lima)
M. RASYAD M.
RASYAD
Nip.19580423 197803 1
003 Nip.19580423
197803 1 003
SILABUS B. MADURA SD
KELAS 6 SEMESTER 2
Mata Pelajaran : Bhs. Madura
Kelas/Semester : 6 (enam) / 2 (dua)
Tahun Pelajaran : 2011-2012
NO.
|
STANDAR
KOMPETENSI /
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK / PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
PENILAIAN
|
|
JENIS
TAGIHAN
|
BENTUK
TES
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
1.
|
TEMA 4:
PENDIDIKAN
|
|||||||
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang
legenda, tokoh daerah, kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita rakyat.
4.1 Mendengarkan cerita guru tentang ”Tokoh Pendidikan”
|
Teks bacaan
|
• Membedakan berbagai bunyi
bahasa secara tepat.
• Melafalkan bunyi bahasa secara
baik dan benar.
• Menyebutkan Jenis-jenis
komunikasi
• Menuliskan struktur kalimat
sempurna dan tidak sempurna.
|
• Mendengarkan cerita guru.
• menjelaskan pengertian tokoh.
• Menyebutkan beberapa tokoh
pendidikan di madura.
• Mengartikan kata-kata sulit yang
ada dalam bacaan.
|
..... x 1 jp
|
• Gambar-gambar yang berhubungan
dengan komunikasi
• Buku pelajaran
Bahasa Madura (Sare Taman 6).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan
kembali cerita guru atau yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan,
serta mampu menjawab pertanyaan
guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata sulit.
4.2Melakukan
percakap an melalui cerita gambar dengan menggunakan ondhagga bhasa madura.
|
Teks percakapan
|
• Menceritakan isi bacaan /
cerita guru.
• Menjawab / memberi pertanyaan
tentang komunikasi.
• Menjelaskan arti kata-kata
sulit dalam bacaan.
• Melakukan percakapan.
|
• Menceritakan isi gambar dengan
menggunakan bhasa madura (ondhagga bhasa).
• Bercakap-cakap dengan
menggunakan ondhagga bhasa.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks
bacaan dengan teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
4.3 Membaca lancar teks bacaan
|
• Teks bacaan
• Teks carakan madhura.
|
• Membaca teks bacaan dengan baik
dan benar.
• Membedakan kata-kata yang
mengandung vokal/konsonan alos atau tajhem.
• Menjawab isi bacaan.
• Membaca lancar carakan madhura.
|
• Membaca lancar teks bacaan
dengan intonasi yang baik dan benar.
• Menjawab pertanyaan isi bacaan.
• Mengartikan kata-kata sulit.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
4. MENULIS
Menulis kalimat
yang didektekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa madura
yang disempurnakan.
4.4 Menulis kata/kalimat yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang
baku.
|
• Oca’ bhangsalan ban saloka
• Carakan madhura
|
• Menulis kalimat dalam bahasa
madura dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madhura dengan baik
• Menulis carakan
madhura.
• Menulis sorat
onjhangan.
|
• Menulis kalimat-kalimat dalam bahasa madura dengan menggunakanejaan
yang baku.
• Menulis kalimat carakan madhura
yang menggunakan ghantongan/dhampengan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
• Huruf carakan madhura.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
4.5 Menggunakan kerata bhasa dalam kalimat.
|
Bhangsalan
|
• Memahami kalimat yang
menggunakan oca’ bhangsalan.
• Menggunakan oca’ bhangsalan.
• Membaca tembhang macapat
madhura.
• Membuat / mengumpulkan oca’ bhangsalan
|
• Memahami kerata bhasa.
• Membuat kalimat dengan kerata
bhasa
• Menjelaskan arti kerata bhasa
yang ada di lingkungan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2.
|
BAB 5: CERITA
KUNO
|
|||||||
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang legenda, tokoh daerah, kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita rakyat.
5.1 Mendengarkan cerita/dongeng guru.
|
Teks
bacaan
|
• Membedakan berbagai bunyi
bahasa secara tepat.
• Melafalkan bunyi bahasa secara
baik dan benar.
• Membuat okara careta dan
petanya.
|
• Mendengarkan cerita/dongeng
guru.
• Menceritakan kembali isi
cerita/dongeng guru.
• Mengartikan kata-kata sulit.
• Menjawab pertanyaan bacaan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
• Gambar-gambar yang berhubungan
dengan kerajinan tangan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan
kembali cerita guru atau yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan,
serta mampu menjawab pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata
sulit.
5.2 Menjelaskan isi gambar/bacaan.
|
Teks percakapan
|
• Melakukan percakapan.
• Menjelaskan arti kata-kata
sulit
• Menjawab pertanyaan dengan
menggunakan ondhagga bhasa enggi bhunten.
|
• Menceritakan isi gambar dengan
menggunakan bahasa madura (ondhagga bhasa)
• Membuat cerita (dha-kandha)
sesuai dengan pengalaman sendiri.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks
bacaan dengan teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
5.3 Membaca lancar teks yang berjudul ”Ke’ Lesap”.
|
Teks bacaan
|
• Membaca teks bacaan dengan baik
dan benar.
• Membedakan kata-kata yang
mengandung vokal/konsonan alos atau
tajhem.
• Menjawab isi pertanyaan.
• Membaca lancar carakan madhura.
|
• Membaca lancar teks bacaan
dengan intonasi baik dan benar.
• Menjawab pertanyaan.
• Mengartikan kata-kata sulit.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare
Taman 6).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
4. MENULIS
Menulis kalimat
yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa madura
yang disempurnakan.
5.4 Menulis surat undangan yang sesuai dengan kaidah bahasa madura.
|
Karangan
|
• Menuliskan karangan dalam bahasa
madura.
• Menulis carakan madhura
|
• Menyebutkan bagian-bagian surat
undangan.
• Menulis surat undangan yang
sesuai dengan kaidah bahasa madura.
• Menulis kalimat carakan madura
yang menggunakan ghantongan/dhampengan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 6).
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
5.5 Menggunakan rora bhasa dalam bacaan.
|
Tembhang macapat
|
• Memahami istilah dalam tembhang
macapat.
• Membaca / melagukan tembhang
macapat madhura dengan baik.
• Memahami isi tembhang macapat
dengan baik.
|
• Memahami rora bhasa.
• Membuat kalimat dengan
menggunakan rora bhasa madura.
• Mengartikan kata yang
mengandung rora bhasa.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare
Taman 6).
• Referensi lain yang relevan.
|
• Tes tertulis
• Uji praktik
|
• Bacaan
• Pilihan ganda
• Isian
• Uraian
|
|
Pamekasan, 11 Juni
2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas 6 (enam)
M. RASYAD M. RASYAD
Nip.19580423
197803 1 003 Nip.19580423 197803 1 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar